Cari Blog Ini

Senin, 19 April 2010

Perawatan Gigi Susu

Kualitas gigi dan pembentukannya ditentukan sejak janin usia enam minggu di dalam kandungan. Ibu hamil yang rajin mengonsumsi kalsium akan menpunyai bayi yang pertumbuhan gigi dan tulang yang bagus.

Pengendalian makanan penyebab karies, makanan manis yang mengandung gula yang menempel di gigi akan mengalami fermentasi oleh bakteri penyebab karies yaitu streptococcus mutans.

Orang-tua hendaknya selalu membersihkan sisa makanan atau pun sisa susu setiap kali anak habis makan atau minum susu atau memberinya air putih setiap kali habis makan atau minum susu

Untuk bayi, pembersihan di lakukan dengan kasa steril yang dibasahi air matang. Gosoklah perlahan di seluruh permukaan giginya yang di perlukan adalah ketelatenan anda.

Bagi anak yang sudah mampu memegang sikat gigi, ciptakan suasana menyikat gigi yang menyenangkan, meskipun akhirnya bantuan orang-tua tetap diperlukan.

Gunakan kepala sikat gigi yang tak terlalu besar dan ber bulu lembut, supaya ia bisa menggosok bagian dalam dan belakang dengan nyaman, tidak melukai pipi dan gusi pada waktu sikat digerakan, pegangan sikat dengan kepala sikat yang lurus dapat memudahkan anak memegang sikat gigi.

Di bawah usia empat tahun sebaiknya jangan menggunakan pasta gigi terlebih dahulu di khawatirkan setiap kali menggosok gigi pasta gigi akan tertelan, apabila pasta gigi tersedia sekarang di kemas dengan berbagai rasa dan warna yang menarik.

Pengenalan pasta gigi dapat di lakukan tetapi, harus diawasi dan si kecil sudah dapat berkumur yang baik, beri contoh cara berkumur yaitu menggerakan kumuran dengan keras dan mengeluarkannya dengan keras pula, tak hanya sekedar dikeluarkan dari mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar